Kenapa Beli Kavling Perumahan Lebih Mahal dibanding Tanah di Luar Perumahan?


Bukan satu atau dua orang, melainkan banyak yang bertanya kepada kami kenapa beli kavling perumahan lebih mahal dibanding luar perumahan? Ada yang menerima adapula yang memburu jawaban-nya sampai berpuluh menit penjelasan di telephone.  Berikut penjelasan ringkas-nya mengapa tanah kavling dalam komplek perumahan lebih mahal.

  1. Tanah dalam areal perumahan memiliki legalitas yang lengkap dan aman. Sebagian besar tanah dalam perumahan sudah dibangun oleh developer dan untuk mulai membangun dipastikan pihak developer sudah memastikan perijinan dan ke-absahan dokumen pendukung-nya. Apalagi jika rumah dijual menggunakan fasilitas KPR dikarenakan pihak Bank lebih ketat dan selektif memilih properti yang akan dibiayai. Namun hal ini jangan mengurangi kewaspadaan kita dalam memeriksa dokumen.
  2. Infrastruktur yang lebih memadai. Tanah di perumahan sudah dipastikan memiliki jalan lingkungan yang teratur dibagi menjadi blok atau nama jalan tertentu. Drainase, Listrik, PDAM, Tiang Internet, Taman, Gerbang, Keamanan, Kebersihan  dan lain-nya biasanya sudah tersedia dan dikoordinir dengan rapih. 
  3. Tanah Matang dan Siap Bangun. Tanah Matang artinya tanah tersebut dapat langsung dibangun seluruhnya dan tidak diperlukan lagi mengeluarkan bagian tanahnya menjadi fasilitas umum dan fasilitas sosial atau lebih dikenal dengan istilah fasum fasos. Lebih Aman. Tinggal di komplek dikelilingi oleh dinding komplek perumahan dan biasanya memiliki satu akses keluar masuk melalui gerbang komplek. Memang biasanya penghuni akan dikenakan biaya untuk keamanan dan kebersihan (per kepala keluarga), namun nilai-nya relatif tidak besar karena banyak nya jumlah penghuni komplek.
  4. Lebih Eksklusif. Tak bisa dipungkiri, kelompok masyarakat dalam satu klasifikasi kelas, cenderung memilih berinteraksi, berkumpul dan tinggal, juga megidentifikasi diri dengan klasifikasi kelas yang serupa. Meskipun dari segi sosiologi kecenderungan ini tak sepenuhnya sehat, faktanya execlusivisme tempat tinggal justru jadi kecenderungan dominan. Tanah di dalam kawasan perumahan menegaskan kecenderungan ini, meski harganya lebih mahal. (note khusus point ini diambil dari : smartproperti.wordpress.com)

Walaupun lebih mahal dari segi harga, dengan benefit yang didapat dari poin t 1-4 kavling dalam komplek perumahan tetap diminati. Selain itu meskipun harga beli nya tinggi nanti ketika akan dijual akan tetap menguntungkan.

Demikian penjelasan singkat nya, apabila ada yang perlu ditambahkan bisa bantu saya tulis di komentar ya ^_^

Subscribe to receive free email updates:

Scroll to top